VCO : Virgin Coconut Oil

11:38 AM
VCO : Virgin Coconut Oil - Sudah tahu tentang VCO kan? Berikut penjelasan mengenai VCO. VCO merupakan singkatan dari Virgin Coconut Oil dalam Bahasa Inggris atau di Indonesia sering disebut Minyak Kelapa Murni atau Minyak Kelapa Dara di Malaysia.

VCO
VCO


Beda VCO dengan Minyak Kelapa
Lalu apa bedanya VCO (Virgin Coconut Oil) dengan Minyak Kelapa yang sering kita gunakan untuk menggoreng makanan? Perbedaannya adalah :

  1. Bahan Baku. Minyak kelapa dibuat dari Daging buah kelap yang telah mengalamai proses pengeringan (penjemuran atau peng-oven-an), biasa disebut kopra. Sedang VCO (Virgin Coconut Oil) dibuat dengan menggunakan daging kelapa segar. Kenapa? Hal ini dipilih untuk kandungan zat-zat yang berkhasiat dalam daging buah kelapa tersebut tidak rusak. Hal ini juga yang menyebabkan VCO atau virgin coconut oil memiliki khasiat yang lebih dibanding minyak kelapa .
  2. Proses Pembuatan. Proses pembuatan minyak kelapa menggunakan pemanasan tinggi (digoreng). VCO atau Virgin Coconut Oil dibuat melalui pemisahan minyak dan air secara alami, dapat dilakukan secara fermentasi atau sentrifugal. Jadi kalau kita lihat dari proses pembuatannya, proses pembuatan VCO atau virgin coconut oil tidak menggunakan bahan-bahan kimia sehingga menjadi lebih alami. Pastinya ini yang menyebabkan VCO atau virgin coconut oil menjadi lebih sehat dibanding minyak kelapa biasa. 

Virgin Coconut Oil
Virgin Coconut Oil


Cara Pembuatan VCO
Berikut cara pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil) :

  1. Pilih kelapa yang sudah matang atau yang berwarna cokelat bukan yang hijau muda, lalu belah kelapa menjadi 2 (dua) bagian.
  2. Untuk mengambil daging kelapa gunakan pisau tajam atau sendok logam yang kokoh.
  3. Potong daging kelapa menjadi potongan-potongan kecil.
  4. Tempatkan potongan ke dalam alat pemarut kelapa.
  5. Cara membuat virgin coconut oil5. Blender parutan kelapa dengan food processor kecepatan sedang hingga daging kelapanya hancur. Anda bisa menambahkan sedikit air untuk membantu proses penghancuran dan pembuatan santan.
  6. Saring santan. Gunakan kain katun tipis yang diletakan di atas wadah mulut lebar. Tuangkan sedikit demi sedikit dengan menggunakan sendok kecil. Peras daging kelapa yg sudah dihancurkan tadi menggunakan kain katun tipis. Lakukan secara berulang sampai santan kelapanya habis.
  7. Diamkan air perasan kelapa selama minimal 24 jam. Agar santan dan minyak dapat terpisah dan lapisan minyak akan muncul di bagian atas. Anda bisa juga mendinginkan wadah fermentasi setelah 24 jam, hingga temperatur 10oC. Maka minyak dibagian atas dapat membeku dan mudah diambil.
  8. Ambil minyak dengan menggunakan sendok, dan ada telah mendapatkan virgin coconut oil VCO murni. Bagian air tersisa di dalam botol bagian bawah.


Video Cara Pembuatan VCO
Berikut beberapa Video Cara Pembuatan VCO yang sangat mudah sehingga dapat kamu pelajari dan praktekan sendiri.

Pembuatan VCO untuk Industri Rumahan




Cara Pembuatan VCO dengan Startup (Pemancing) 




Cara Pembuatan VCO dengan Ragi



Cara Pembuatan VCO dengan Mesin Sentrifugal



Nah, kalau kamu mau pesan VCO dalam Tonase bisa menghubungi :

Sofhal Jamil
0813-1622-5758
WA : 0817-20-5958
Email : sofhal.jamil@gmail.com

Untuk literan atau beberapa Liter bisa langsung ke lapak kami di :

 VCO   




(Bisnis Online itu Mudah)

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »