Kefir : Minuman Susu Probiotik

12:54 PM
Kefir - Sudah tahu tentang kefir? Kefir ini minuman susu probiotik, seperti yogurt. Susu yang digunakan biasanya susu sapi murni, namun dapat juga kita membuatnya menggunakan susu kambing, susu dalam kemasan bahkan susu kedelai. Kata "Kefir" berasal dari bahasa Turki 'Keif' yang berarti "Perasaan Menyenangkan."



Kefir ini diperoleh oleh orang-orang Kaukasus, termasuk orang Turki, dari Sahabat-Sahabat Nabi Muhammad SAW yang menyebarkan Islam ke daerah tersebut. Kata kefir merujuk pada kata kafuur yang terdapat pada Alquran  Surat  Al-Insaan (QS 76:5-6)
إِنَّ ٱلۡأَبۡرَارَ يَشۡرَبُونَ مِن كَأۡسٍ۬ كَانَ مِزَاجُهَا ڪَافُورًا (٥) عَيۡنً۬ا يَشۡرَبُ بِہَا عِبَادُ ٱللَّهِ يُفَجِّرُونَہَا تَفۡجِيرً۬ا (٦)
Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas [berisi minuman] yang campurannya adalah air kafuur  [yaitu] mata air [dalam surga] yang daripadanya hamba-hamba Allah minum, yang mereka dapat mengalirkannya dengan sebaik-baiknya.

Cara Membuat Kefir

Untuk membuat minuman susu dengan kefir ini sangat mudah. Cukup mencampurkan bibit kefir dengan susu murni dalam wadah, diamkan selama 2 hari, saring hasil susu fermentasi tersebut dan susu kefir sudah bisa langsung diminum. Klik cara membuat kefir untuk detail pembuatan.


Manfaat Kefir

Bakteri asam laktat dalam kefir mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan. Di antaranya sebagai probiotik yang dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit saluran pencernaan, karena bakteri asam laktat memproduksi senyawa antimikroba, antara lain bakteriosin, hidrogen peroksida, dan berbagai antibiotik.



Bakteri asam laktat membentuk koloni dan menciptakan lingkungan dalam saluran pencernaan sedemikian rupa sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri patogen yang masuk ke tubuh. Karena itu dapat mencegah diare yang disebabkan bakteri patogen.



Bakteri asam laktat juga dapat mencegah infeksi saluran urine, mengurangi risiko timbulnya kanker atau tumor saluran pencernaan dan organ lain, menurunkan kadar kolesterol serum darah, mengurangi risiko penyakit jantung koroner, merangsang terbentuknya sistem imun, membantu penderita lactose intolerance dalam mengkonsumsi susu, dan memperlancar buang air besar. Karena banyak manfaat kefir untuk kesehatan, maka kefir digolongkan dalam minuman fungsional.

Saya sudah sendiri gak sabar menunggu kefir yang saya buat untuk siap diminum nih. Tunggu cerita berikutnya ya!



(Internet Marketing)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »