Google Buka-Bukaan Cara Kerja Search Engine

1:53 PM
Internet Marketing -Sudah sering menggunakan mbah google untuk mencari "Sesuatu" di dunia maya kan?


Kamu cukup mengetik kata kunci yang kamu inginkan ke dalam web browser kamu yang beralamat www.Google.com. Hasilnya akan keluar dalam waktu sepersekian detik. Apalagi mbah Google saat ini telah menambahkan fasilitas untuk menyesuaikan hasil pencarian dengan perilaku (behaviour) kamu,  sehingga hasil pencariannya pasti akan sesuai dengan permintaan dan kebiasaan kamu.

Tapi pernahkah gak sih kamu mikirin bagaimana Google bekerja? Serumit apakah proses di dalamnya? Apa aja yang dikerjakan oleh google sebagai search engine?

Coba klik How to search works? deh.

Di situs itu, kamu dapat menemukan baragam grafik dan animasi yang menarik. Melalui animasi tadi, Google menjelaskan proses pencarian dengan cara yang sangat mudah untuk dipahami. langkah yang dilakukan oleh google untuk menemukan suatu situs adalah Crawling & Indexing, Algoritma, dan Fighting Spam.



Google akan memulai proses pencarian dengan mencari kata yang diinginkan oleh pengguna ke lebih kurang 30 triliun halaman situs yang ada di dunia maya. Setelah selesai mencari, kata-kata tersebut akan dibuatkan indeks. Saat proses indexing selesai dikerjakan, proses algoritma super-rumit akan mulai bekerja memilah-milah konten mana yang diprediksi paling sesuai dan akhirnya sistem akan menampilkan hasilnya kepada pengguna. Mau tau berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh google untuk melakukan semua itu? Cuma 1/8 detik!

Selain proses di atas, Google juga menampilkan beberapa slide yang menggambarkan bagaimana sistemnya mampu melawan situs yang berisi pesan sampah (spam). Dalam slide ini, Google membeberkan cara mereka menghapus dan bagaimana cara mereka bertarung dengan spam.

Nah, lebih detailnya klik aja tautan berikut ya. Dijamin kamu akan menemukan jawaban dari semua pertanyaan kamu! (Cara Kerja Google)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »