Indonesia Membutuhkan 4.000 Wirausaha

5:21 AM
Indonesia Membutuhkan 4.000 Wirausaha - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Syarif Hasan mengatakan Indonesia membutuhkan 4.160.341 wirausaha baru. Kalau itu bisa diwujudkan, Indonesia akan menjadi lebih maju dan sejahtera.


"Berdasarkan studi empiris suatu negara akan maju dan sejahtera apabila minimal 2% dari total jumlah penduduknya adalah wirausaha," kata Syarif saat memberi kuliah umum di Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Rabu (14/12).

Dengan total jumlah penduduk 237.641.326 jiwa, Indonesia idealnya memiliki 4.752.826 wirausaha. Saat ini jumlah wirausaha di Indonesia baru 592.484.

Hasil survei yang dilakukan di berbagai negara menunjukkan bahwa meningkatnya jumlah wirausaha berbanding lurus dengan peningkatan pendapatan per kapita masyarakat. Walaupun peningkatannya masih dipengaruhi juga dengan potensi masing-masing negara.

Karena itu, kata Syarif, tidak berlebihan jika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2 Februari 2011 lalu mencanangkan Gerakan Kewirausahaan Nasional.

Penumbuhan wirausaha baru juga memainkan peran penting untuk mempercepat pencapaian target pertumbuhan ekonomi, menurunkan angka kemiskinan, dan menurunkan jumlah pengangguran. (info UKM, plasadana.com)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »