Berbelanja Online yang Aman

5:00 PM
Berbelanja Online yang Aman - Jaman sekarang ini, online shopping merupakan hal yang umum, hal yang lumrah dan banyak dilakukan semua orang. Mulai dari toko besar, toko kecil, atau perorangan pun berani menjajakan dagangannya melalui online. Bisa melalui website, social media dan lain-lain

Untuk di Indonesia, online shopping sangat menjamur, apalagi ketika kita membuka Facebook. Ada saja orang-orang yang menjajakan dagangannya dengan menulis di wall, mengetag foto, mengirim pesan dan lain-lain. Bagi toko perorangan biasanya pembayaran melakukan transfer ke Bank yang sudah ditentukan. Bagi toko-toko besar yang mempunyai website biasanya mempunyai layanan pembayaran melalui kartu kredit atau PayPal.




Kami mengutip dari Yahoo! cara berbelanja online yang aman, efisien dan menyenangkan. Berikut tipsnya:

  • Pastikan komputer anda aman dari serangan malware dan phising. Install antivirus maupun internet security di komputer dan selalu update agar aman dari serang-serang virus dan malware terbaru.
  • Abaikan email yang mencurigakan. Jangan pernah membuka email-email yang terlihat mencurigakan. Apalagi apabila terdapat link-link yang dapat dibuka. Kenali dulu apakah itu benar atau tidak. Paling aman, delete langsung.
  • Pastikan Anda, sudah mengetahui reputasi toko online tersebut. Apalagi kalau sampai harus memasukan no kartu kredit, dan bagi yang masih menggunakan sistim transfer sebaiknya pastikan reputasi dari si penjual, akun Facebook, website dan lain-lain.
  • Pastikan form pembayaran online tersebut memang resmi dikeluarkan dari si toko online tersebut. Usahakan dalam transaksi online apabila mempunyai layanan PayPal gunakan layanan PayPal agar lebih aman dalam bertransaksi dibandingkan menggunakan kartu kredit langsung
  • Sering-sering mengecek transaksi kartu kredit anda. Karena biasanya tidak disadari mungkin kartu kredit Anda sudah di ketahui orang lain. Apabila ada transaksi mencurigakan, sebaiknya langsung laporkan ke Bank Anda, untuk di ganti dengan kartu baru.

Beberapa tips tersebut kami kutip dari Yahoo!. Yang terpenting, usahakan dalam berbelanja online Anda sudah memberanikan diri untuk mempublikasikan nomor kartu kredit Anda. Meskipun sudah dijamin Aman, sebaiknya tetap berhati-hati. Semoga tipsnya berguna.

Sumber: Yahoo!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »